adsense

Kau mungkin bisa menutup mulutku, menghentikan aksiku, bahkan memenjarakan aku, tapi kau tidak akan pernah bisa menghentikan kekuatan IDE, karena 'FIKIRAN' ku dapat merubah DUNIA meski dibawah
ancaman mu!

Apa Perbedaan Jurusan Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer?

lugas firdaus pic

SEJARAH PENAMAAN JURUSAN KOMPUTER
 sebelum gw bahas soal perbedaan keempat jurusan itu,ketika gw tamat smk jurusan rekayasa perangkat lunak
(gak lulus sih di drop out,dan gw lanjut otodidak) dan gw lanjut pelajari dunia komputer
dan gw binggung em  ada 2 : ilmu komputer atau teknik informatika
setelah gw obrak2 dan sana2 cari info  cuma beda dari penamaan doang
jurusan "ilmu komputer" berasal "computer science" yg banyak di gunain
sebagai nama jurusan di mamarika...
sedangkan jurusan teknik informatika berasal dari "informatics" yg di gunain di eropa.

ini juga di perjelas soalnya jruusan ilmu komputer cuma bisa di temukan di universitas
kek UI,UGM,USU,universitas udayana,
sedangkan buat jurusan teknik informatika cuma ada di institut kek ITB dan ITS..
jurusan komputer waktu itu masih baru  gw juga waktu smk ngambil jurusan
"rekayasa perangkat lunak"  masih baru
dan di beberapa univeresitas  masih"nebeng" ke fakultas lain.
jurusan ilmu komputer biasanya ada di bawah
fakultas MIPA(matematika dan ilmu pengetahuan alam)
sedangkan teknik informatika sedangkan teknik informatika ada di bawah fakultas teknik.

perbedaan lain ada di titile yg dapet.sarjana ilmu komputer dapet nya title "S.kom",
klo sarjana TI dapet nya "S.T", itu jug akarena di bawah f.MIPA
ada beberapa sarjana ilmu komputer juga yg masih dapet titel "S.Si"
sebenr nya ini hak universitas mau ngasih gelar apa,ad juga sarjana TI juga dapet gelar "s.kom"
balik lagi bahas soal perbedaan antara ilmu komputer atau teknik informatika
pada saat itu keduan nya gk terlalu berbeda :') .
ada yg menyatakan ilmu kom lebih ke arah "sains"
sedangkan informatika ke arah inplementasinya.
ini kutipan dari situs resmi ilmu komputer UI:
“Program yang berjudul Ilmu Komputer dan Teknik Informatika pada dasarnya adalah program yang sama.
Cakupannya cukup luas, mulai dari fondasi teoritis mengenai perancangan algoritma,
yaitu konsep dasar yang melandasi pengembangan perangkat lunak, sampai kepada penerapan mutakhir
 berupa aplikasi robotika, kecerdasan buatan, bio-informatika, dan topik-topik menarik lainnya.”

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apa Perbedaan Jurusan Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer?"

Posting Komentar

ada pertanyaan atau komentar gak bro ???